LPPM UGR Menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Lombok Timur; Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menyelenggarkan workshop Peulisan jurnal Pengabdian Pada masyarakat, pada hari/tanggal; kamis, 17-10-2019. Workshop dihadiri oleh sebanyak 10 dosen yang mewakili masing-masing fakultas. Acara tersebut ddibuka dan difasilitasi oleh direktur LPPM UGR, Lalu Nurul Yaqin, M. Pd. Ing.

Direktur LPPM UGR menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk membekali dosen dapat menulis jurnal pengabdian pada masyarakat dengan  baik dan benar. Dosen yang hadir lebih banyak yang hadir dari dosen muda dan pejabat kampus yang mewakili.

“kami harapkan pasca workshop penulisan jurnal ini ada output dalam bentuk jurnal pengabdian yang diambil dari pengabdian-pengabdian yang dilaksakan oleh dosen, mengapa ini dilaksanakan karena banyak dosen-dosen yang melakukan pengabdian tetapi sedikit yang melakukan dokumentasi dan  mempublikas hasil pengabdian mereka dalam bentuk jurnal ilmiah baik jurnal yang ada di LPPM UGR maupun eksternal” ujarnya.

Sementara itu kepala bidang Pengabdian Pada masyarakat LPPM UGR, M. Zainudin, SH., MH, menyatakan “kegiatan ini penting sebagai program peningkatan kompetensi dosen di bidang pengabdian pada masyarakat, selain itu harapannya dengan kegiatan ini semakin membuat membuat para dosen di Lingkup Universitas Gunung Rinjani, semakin meningkatkan kiprah Universitas dalam rangka terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Narasumber dalam workshop ini adalah direktur LPPM Universitas Gunung Rinjani, yaitu lalu Nurul Yaqin, M. Pd, Materi yang disampaikan adalah membekali peserta terkait teknik-teknik penulisan journal pengabdian kepada Masyarakat, dan mempersiapkan pengelolaan jurnal pengabdian kepada masyarakat bereputasi. Diantaranya adalah mengenai reputasi jurnal, bahwa hal yang diperhatikan sehingga jurnal tersebut menjadi jurnal yang bereputasi adalah dengan indeksasi, sitasi dan kunjungan atau keterbacaan.

“Langkah yang harus difahami dalam pembuatan jurnal yaitu menentukan strategi pengembangan jurnal ilmiah, meningkatkan kualitas artikel, memperhatikan kelengkapan jurnal, kelengkapan website, perhimpunan artikel dan penentuan struktur organisasi,” jelasnya.

Humas UGR

Tinggalkan Balasan

Situs web ini menggunakan cookie dan meminta data pribadi Anda untuk meningkatkan pengalaman menjelajah Anda